11 mahasiswa UGM berpartisipasi dalam HWMUN 2009 di Belanda


Indonesia untuk pertama kalinya mengirimkan delegasi dalam ajang simulasi sidang PBB terbesar di dunia, Harvard World Model United Nations (HWMUN) 2009. UGM boleh berbangga hati karena sebelas mahasiswanya berkesempatan membawa nama Indonesia berkompetisi dalam acara yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda, 22-27 Maret lalu.

Salah satu keistimewaan Model United Nations adalah setiap peserta diberi posisi sebagai perwakilan (diplomat) dari negara lain. Oleh karena itu, dapat dipastikan sebelum acara seluruh peserta disibukkan dengan riset dan penelitian mendalam mengenai posisi negara yang akan diwakili terkait dengan topik bahasan dalam komite masing-masing.

Dalam kompetisi tersebut, delegasi Indonesia berkesempatan menunjukkan kemampuan diplomasinya. Mereka berperan sebagai perwakilan negara Afrika Timur, Djibouti, dalam beberapa komite, yakni WTO, General Assembly (DISEC, SOCHUM, SPECPOL, LEGAL), dan WHO. Bersama dengan 2.541 peserta dari 275 universitas di 53 negara, setiap komite harus menghasilkan sebuah resolusi dalam waktu 5 hari. Hal seperti itulah yang memang dilakukan sesungguhnya oleh perwakilan negara dalam kapasitas sebagai diplomat di PBB.

HWMUN merupakan ajang yang prestisius. Setiap tahun, sedikitnya 2.000 mahasiswa berjuang untuk meraih Outstanding Delegation Award dan Diplomacy Award yang diperebutkan dalam kompetisi tersebut. Tahun ini penghargaan dimenangkan oleh MUN Society Belgium dan Universitas La Hore-Pakistan.

0 komentar:

Posting Komentar